Saturday, April 20, 2013

Asal Usul Mangga


Asal Usul Mangga


manggaBuah musiman ini pastinya sudah akrab di semua kalangan dan lapisan masyarakat. Mangga adalah nama tumbuhan yang nama buah dan pohonnya sama. Buah mangga termasuk ke dalam marga mangifera dan terdiri dari 35 - 40 jenis dan suku anacardiaceae. Tanaman mangga termasuk kelompok arboreus dan tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus), yaitu tumbuhan/pohon yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter dan bahkan Mangga bisa mencapai tinggi 10 - 40 meter. Nama asli buah ini adalah maankaay dan berasal dari pegunungan himalaya perbatasan India dan Burma. Orang indonesia menyebutnya menjadi mangga dan buah ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis) dan dalam bahasa Inggris menjadi mango. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica dan kira-kira mengandung arti tumbuhan/pohon yang berbuah mangga berasal dari India.

Manfaat Mangga

Mangga sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia khususnya ke berbagai kawasan di Asia Tenggara setidaknya sejak 1500 tahun lalu. Orang jawa menyebut buah mangga dengan sebutan “pelem”. Sedangkan di Bali buah ini dikenal dengan nama “poh”. Buah ini merupakan buah yang istimewa dalam kebudayaan hindu, terbukti dalam beberapa alinea dalam kitab weda dikatakan mangga menjadi salah satu hidangan bagi para dewa. Bahkan begitu istimewanya buah mangga ini dari segi rasa dan kandungan vitamin nya sehingga dijadikan lambang nasional oleh negara Filipina. Mangga dapat dinikmati dengan berbagai macam cara, ketika sudah matang buah ini lebih nikmat jika dimakan langsung atau pun dibuat jus dan es buah, ketika masih muda buah ini bisa dijadikan rujak dan bahkan menjadi campuran wajibnya, mangga bisa dijadikan asinan, keripik mangga, sambal dan lainnya. Mangga juga sering dijadikan makanan yang dicari kaum hawa yang sedang hamil muda. Manfaat mangga juga cukup banyak terutama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi Mangga

Negara India masih menjadi produsen terbesar untuk buah mangga. Posisi berikutnya diduduki oleh Cina, Meksiko, Thailand, Pakistan, dan barulah Indonesia. Negara pengimpor terbesar buah mangga untuk pangsa pasar Asia adalah Singapura, Hongkong, dan Jepang. walaupun produksi buah mangga sangat melimpah setiap tahunnya di setiap negara dan ternyata konsumsi terbesar ada dari pasar lokal di masing-masing negara tersebut, sehingga para petani mangga tidak perlu repot memasarkan hasil kebunnya. Ini juga membuktikan bahwa buah mangga memang menjadi pilihan favorit buah banyak orang. Berdasarkan manfaat dan rasanya, buah ini menjadi buah yang sangat eksklusif bagi negara-negara yang tidak dapat membudidayakan mangga dalam hal ini negara yang import buah ini.




Kandungan Nutrisi Mangga

Buah mangga terdiri dari varietas yang sangat banyak dan beragam dan secara umum kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah ini sama. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah mangga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Diantara kandungan nutrisi tersebut antara lain: Karbohidrat, Kalori, Serat diet, Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Kalium, Fosfor, Zinc, Beta karoten, dan lainnya. Demikianlah sedikit penjelasan tentang asal-usul dan kandungan nutrisi mangga, penjelasan yang lebih spesifik tentang manfaat buah ini akan dijabarkan lain waktu.

1 comments:

ali tonang horas said...

siapa bilang dengan modal kecil tidak bisa menang banyak?
Dengan modal Rp20.000,
Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
Hanya di Sinidomino. com
Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
-Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
dewa poker

Post a Comment