Friday, April 19, 2013

Buah Mangga

Buah Mangga

Buah Mangga
Buah mangga! Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini yang berasal dari Himalaya-India, buah ini merupakan salah satu buah favorit di Indonesia sejak dahulu karena memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembut, daging buahnya berwarna kuning jika sudah matang dan berserat serta dapat membantu menyegarkan tubuh bagi yang rutin mengkonsumsi nya, dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi menjadikan buah mangga menjadi istimewa. Di daerah tropis seperti Indonesia buah mangga sangat mudah untuk tumbuh dan berkembang, baik di dataran rendah atau di dataran tinggi bahkan juga ada beberapa yang mampu tumbuh di ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Selain keistimewaan dari segi rasa, tekstur, warna dan bentuknya yang menggugah selera buah mangga juga sangat terkenal akan khasiat nya untuk menjaga dan mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat buah manfaat antara lain adalah membantu melancarkan pencernaan, mengobati penyakit kanker dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah mangga.

Kandungan Vitamin Buah Mangga

Setengah buah mangga memiliki vitamin C hampir 25% dari asupan harian yang direkomendasikan, dua pertiga dari makanan harian untuk vitamin A dan E, fosfor, magnesium, kalium dan pektin. Buah mangga juga kaya pythochemicals, seperti quercetin, betakaroten dan astraglin yang berfungsi membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Meskipun mangga mentah biasanya berwarna hijau muda, namun pewarnaan tidak selalu merupakan indikator buah yang matang, sebab ada beberapa jenis buah mangga memiliki warna yang kurang menarik meskipun sudah matang namun rasanya tetap manis.


Jenis Buah Mangga

Buah mangga memiliki nama latin mangifera indica dan buah mangga adalah buah musiman yang biasanya berbuah selama musim panas antara akhir Maret sampai dengan awal September. Buah mangga menyebar secara alamiah ke seluruh penjuru dunia melalui perantara burung atau kumbang dan hembusan angin yang menebarkan sebuk bunga ke berbagai tempat. Di dunia ini terdapat ratusan jenis buah mangga namun hanya beberapa saja yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah mangga harum manis, mangga golek, buah mangga manalagi dll.
buah mangga


Perkembangan Buah Mangga

Seiring perkembangan gaya hidup dan trend di masyrakat saat ini yang semakin maju yang menuntut ide ide kreatif dlam penyajian bahan makanan, buah mangga pun mengalami kemajuan untuk dijadikan bahan dasar makanan seperti kue, biskuit, keripik, sirup, sambal, jus, dodol dan cemilan lainnya. Namun penyajian buah mangga dalam bentuk aslinya merupakan yang paling disukai oleh masyarkat.

3 comments:

Unknown said...

Bisa suplai kweni ga mas? 0821 1362 0643

Unknown said...

ini beneran petani mangga kweni ?

king said...

Mas, bs krm surabaya kweni nya ? WA 081234544407

Post a Comment